fbpx

Lindungi Hewan Periharaan Anda Dengan Vaksinasi

Lindungi Hewan Periharaan Anda Dengan Vaksinasi
16 Mar 2020

 

Jika Anda ingin pertemanan Anda dengan kucing yang sehat dan lama, satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kesehatannya. Vaksinasi dapat melindungi kucing Anda dari banyak penyakit yang biasa didapati pada kucing.

Kekebalan dari sang induk.

Saat anak kucing Anda berusia 6 hingga 8 minggu, Anda sebaiknya memulai  untuk menvaksinasinya. Sebelum saat ini, antibodi sang ibu/induk telah melindunginya. Namun, setelah disapih, ia perlu mengembangkan antibodi sendiri.

Kunjungan Pertama Yang Vital

Kunjungan pertama Anda adalah ketika dokter hewan Anda akan memberikan pemeriksaan fisik lengkap pada anak kucing Anda. Pemeriksaan tinja biasanya dilakukan untuk memastikan anak kucing Anda tidak terjangkiti oleh cacing. Sebelum vaksinasi, dokter hewan Anda harus melakukan tes darah untuk memastikan anak kucing tersebut belum terinfeksi Leukemia Feline. Dokter hewan juga dapat menguji Peritonitis Feline Infectious. Tes-tes ini cepat, dan dokter hewan Anda akan mendapatkan hasil awal dalam hitungan menit.

 

Jika anak kucing Anda belum terinfeksi satu dari penyakit ini, dokter hewan akan memberikan kucing Anda vaksin Leukemia dan FIP kucing pertamanya, dengan asumsi jika ia berisiko terkena penyakit ini. Jika kucing yang tidak pernah meninggalkan rumah mungkin tidak membutuhkan vaksin ini, dalam hal ini dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk tidak memberikannya.

Apakah dia meninggalkan rumah atau tidak, anak kucing Anda harus menerima vaksin FVRCPC pertamanya. Vaksin kombinasi ini melindungi anak-anak kucing dari rhinotracheitis, calicivirus, panleukopenia, dan klamidia.

Vaksin Dan Cacing Tindak Lanjut

Dalam 2 hingga 4 minggu anak kucing Anda harus mengunjungi dokter hewan lagi, pada usia 8 hingga 12 minggu. Kali ini ia akan mendapatkan tembakan putaran kedua untuk FVRCPC, Feline Leukemia, dan FIP. Jika anak kucing Anda mendapati ada cacing pada kunjungan pertamanya, dokter hewan akan memberinya obat cacing kedua. Jika anak kucing Anda menginjak usia setidaknya 12 minggu dan menghabiskan waktu di luar rumah, ia juga harus menerima vaksin Rabies pertamanya.

Kunjungan ketiga anak kucing Anda ke dokter hewan terjadi ketika ia berusia 10 hingga 16 minggu, ketika ia akan menerima vaksin FVRCPC ketiganya. Anak kucing yang terlalu muda untuk vaksin Rabies pertama mereka pada kunjungan sebelumnya akan menerimanya saat ini.

Kunjungan Ulang Tahun Pertama

Setelah menyelesaikan set vaksin FVRCPC ketiganya, anak kucing Anda tidak akan memerlukan suntikan lagi sampai ia berusia 1 tahun. Pada saat itu ia akan membutuhkan suntikan penguat Rabies dan FVRCPC. Jika suntikan Rabies diberikan kepada kucing Anda dalam 1 tahun setelah vaksin Rabies pertamanya, itu akan bertahan untuk 3 tahun. Namun, kucing Anda harus kembali setiap tahun untuk mendapatkan vaksin FVRCPC. Saat kucing Anda berusia 1 tahun, ia juga akan menerima booster untuk FIP dan Feline Leukemia jika ia menerima vaksin ini sebagai anak kucing.

Efek Samping yang Langka

Kebanyakan vaksin cukup aman, namun kadang-kadang efek samping dapat terjadi. Vaksin untuk Feline Leukemia kadang-kadang dapat menyebabkan suatu bentuk kanker di tempat suntikan. Karena alasan ini, dokter hewan biasanya tidak merekomendasikan vaksin untuk kucing yang tidak berisiko. Tumor kadang-kadang dapat terjadi di lokasi vaksinasi lain juga. Tumor jenis ini seringkali dapat diangkat sebelum menyebar. Jika Anda melihat adanya benjolan yang tumbuh di tempat suntikan, hubungi dokter hewan Anda segera. Benjolan ini biasanya merupakan reaksi alergi sederhana terhadap injeksi, tetapi benjolan dapat berkembang menjadi tumor, yang, jika diketahui lebih awal, dapat berhasil dihilangkan.

Risiko tertular penyakit tanpa vaksinasi jauh lebih tinggi daripada risiko efek samping. Seperti halnya manusia, suntikan adalah bagian yang tidak menyenangkan, tetapi penting untuk pertumbuhan yang sehat.

Share

EasyAdmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *